Cara Jitu Mengatasi Android Yang Cepat Panas

Cara Jitu Mengatasi Android Yang Cepat Panas – Masalah overheating atau panas yang berlebih memang umum terjadi pada setiap perangkat elektronik. Tidak terkecuali pada smartphone android, baik berupa tablet maupun handphone. Overheating atau panas yang berlebih ini sendiri, bisa berdmpak pada baterai smartphone anda, dan jika hal ini terus menerus dibiarkan, maka kelamaan hardware akan mengalami kerusakan yang sangat parah. Biasanya, jika smartphone sering terjadi overheating, maka komponen pertama yang akan mengalami kerusakan adalah baterai.

Baterai akan cepat kembung, dan juga akan cepat mengalami kekurangan daya secara terus menerus, sehingga nantinya baterai akan cepat hanis, dan smartphone akan gampang sekali ngedrop. Penyebab smartphone android mengalami overheating atau cepat panas antara lain karena bisa jadi pada saat oengisian, anda tetap menggunakan smartphone anda, atau anda menginstal aplikasi yang memang sangat memakan daya baterai. berikut adalah beberapa cara jitu mengatasi android yang cepat panas, yang bisa anda coba lakukan.

Cara Jitu Mengatasi Android Yang Cepat Panas

  1. Matikan koneksi internet jika sedang tidak digunakan

Salah satu aktivitas yang menggunakan smartphone dimana sangat memakan banyak sekali daya baterai adalah video streaming, serta browsing internet. Selain itu, beban pada processor juga akan semakin bertambah. Hal ini akan berpotensi pada terjadinya overheating. Maka salah satu cara untuk mengatasinya adalah,biaskan smartphone anda untuk beristirahat terlebih dahulu, dengan mematikan koneksi internet jika sedang tidak digunakan.

  1. Jangan menggunakan smartphone ketika sedang di Charge.

Usahakan untuk jangan menggunakan smartphone anda ketika sedang dalam tahap pengisian baterai. biarkanlah baterai smartphoe terisi penuh terlebih dahulu, jika nantinya sudah penuh, anda bisa menggunakannya kembali. Hal ini akan membantu dalam mengurangi masalah overheat, karena jika terpaksa digunakan ketika sedang di charge baterai juga akan renta terhadap kerusakan, terlebih jika anda sambil menggunakannya untuk bermain game kualitas tinggi.

  1. Matikan HP ketika sedang melakukan pengisian baterai

Hal ini akan sangat berguna, karena smartphoen yang dinonaktifkan pada saat pengisian, nantinya akan merefresh kembali software didalamnya, dan tentunya akan mengistirahatkan sejenak komponen hardwarenya. Atau anda juga bisa mengaktifkan air plane mode ketika smartphone sedang di charge, agar nantinya pengisian menjadi lebih optimal, dan smartphone terbebas dari masalah cepat panas.

  1. Matikan fitur di smartphone yang tidak diperlukan

GPS, WiFi, Bluetooth, atau fitur lainnya di smartphone anda, jika sedang tidak digunakan, sebaiknya anda nonaktifkan. Karena fitur – fitur tersebut akan memakan banyak sekali daya pada smartphone anda. misalnya saja non aktifkan fitur GPS jika anda tidak memerlukannya, karena fitur GPS ini juga termasuk kedalam salah satu fitur di smartphone yang penggunaannya memakan banyak sekali daya.

  1. Gunakan charger original

Chrger original, memiliki tegangan yang sesuai dengan apa yang dibutuhkan oleh smartphone anda, usahakan agar dalam pengisian menggunakan charger original agar nantinya smartphone anda terhindar dari konsleting dan juga baterai akan jauh lebih awet. Selain itu, charger yang original berpotensi mengurangi overheating, karena aliran listrik yang disalurkan sudah sesuai dengan yang dibutuhkan oleh smartphone anda.

Demikian beberapa cara jitu dalam mengatasi smartphone android yang cepat panas, selain itu jangan tinggalkan smartphone anda diruangan yang pengap, dan juga panas, seperti didalam mobil, dll.

Leave a Reply