5 Game Yang Tak Lekang Oleh Waktu

Apa yang membuat suatu game begitu diminati dalam waktu lama ? Grafis ? Cerita ? atau Gameplay ? Menurut saya pribadi, point ketiga merupakan faktor utama. Sedangkan faktor lainnya ialah kesan tersendiri ketika memainkannya.

Contohnya saja lima game lawas dalam artikel ini. Soal grafis dan cerita, memang sudah ketinggalan zaman. Tapi soal gameplay dan kesan nya belum tergantikan, hingga ia masih bisa dinikmati di zaman ini. Lantas, apa saja ?

Point Blank

Point Blank

Jika berbicara soal game online paling banyak dimainkan gamers Indonesia saat ini, maka Point Blank lah yang sedang kita bicarakan. Dari zaman Gemscool hingga Garena, seakan tak lekang oleh waktu, game satu ini masih digilai.

Tak lain tak bukan, ialah karna gameplay FPS alur cepat yang terbilang seru, walau sebenarnya untuk grafis sudah ketinggalan zaman. Lantas, apakah kamu termasuk salah satu yang masih memainkannya ?

Ragnarok Online

Ragnarok Online Gravindo

Kamu generasi 90 an atau 2000 an sekalipun, pasti mengenal game satu ini, bukan ? Sebuah MMORPG legendaris yang sudah hidup lebih dari 10 tahun di Indonesia. Akan berdosa rasanya kalau saya tidak menyebutnya game tak lekang oleh waktu.

Gameplay dan grafis 2d miliknya memang bukanlah sesuatu yang spesial lagi, namun ia tetap seru sekaligus ada kesan tersendiri ketika memainkannya. Saat ini pun cukup banyak yang masih memainkannya, walau publisher telah berganti dari Lyto kepada Gravindo.

The Elder Scrolls V: Skyrim

Skyrim Screenshot by Myrubrik.com

Sebenarnya Skyrim bukan game yang terlalu lawas, karna ia dirilis 2011 lalu. Namun dengan komunitas mod yang sangat aktif dalam hadirkan berbagai mod menarik, baik itu tentang grafis, gameplay ataupun hal remeh lainnya, Skyrim bisa dibilang game yang tak lekang oleh waktu.

Biasanya dalam 1 atau 2 tahun, suatu game sudah dilupakan. Tapi hingga sekarang, Skyrim masih banyak dibicarakan dan dimainkan. Bahkan sang developer itu sendiri — Bethesda¬†memanfaatkan kepopuleran tersebut dengan terus meng-eksploitasi game ini, walau terkesan memaksa.

Grand Theft Auto San Andreas

GTA San Andreas

Saat ini memang sudah ada GTA V yang menguasai pasar. Ia hadirkan gameplay serta grafis modern yang sangat memanjakan para pemainnya. Tapi sayangnya, dengan spesifikasi yang tak terbilang ramah, ia tak bisa dinikmati oleh sebagian penggemar GTA itu sendiri. Pada akhirnya ? Mereka yang tak bisa mencipi, memilih untuk memainkan pendahulunya, GTA San Andreas.

Cerita GTA SA ini mungkin sudah banyak diketahui dan bukanlah sesuatu yang spesial. Namun jika kita membicarakan soal gameplay, maka ia tak kalah dengan GTA V sekalipun. Sedangkan soal grafis ? Dengan aktif nya komunitas mod, yang selalu hadirkan mod termasuk untuk meningkatkan kualitas grafis, maka ia pun masih layak dimainkan zaman sekarang.

Harvest Moon Back to Nature

Harvest Moon Back to Nature

Siapa yang tak mengenal game yang masih menyisakan banyak misteri ini ? Kepopuleran yang tiada dua nya, membuat game yang dirilis tahun 2000 an ini masih banyak dibicarakan hingga sekarang. Bahkan tentunya, masih tetap ada yang memainkannya. Untuk mencari keseruan atau sekedar ber-nostalgia.

Tak ada yang menampik bahwa gameplay bertani, bertenak dan mengajak kita untuk berinteraksi dengan warga lain di dalamnya merupakan daya tarik utama. Apalagi, saat ini jarang sekali game yang tawarkan hal itu sebaik Harvest Moon Back to Nature.

Leave a Reply