12 Rekomendasi Anime Spring 2017 Terbaik, Versi Myrubrik!

Melanjutkan tradisi apa yang saya lakukan menjelang akhir musim lalu, dengan membuat daftar anime winter 2017 terbaik. Kali ini pun saya ingin melakukan hal serupa menjelang akhir musim semi ini. Saya sendiri telah menonton 16 anime berbeda, yang lalu akan saya kurasi menjadi 12 Anime Spring 2017 Terbaik.

Daftar ini sendiri dikuasai oleh sekuel dari suatu anime yang memang sudah populer. Yang lalu disusul oleh anime original dengan cerita unik dan menarik. Serta disusul lagi dengan berbagai anime baru, yang diadaptasi dari berbagai sumber (Manga & LN). Lantas, anime apa saja ? Inilah rekomendasi nya untuk mu..

12. Sakura Quest

Sakura Quest

Episode: 25.

Genre: Slice of Life.

Mengisahkan tentang sekelompok perempuan yang bekerja di dinas pariwisata di sebuah kota kecil bernama Manoyama, Sakura Quest ini terbilang menarik diikuti. Sisi menariknya ialah, cara unik yang dilakukan mereka untuk mendatangkan para turis. Ada saja cara kreatif nya yang menarik, bahkan terkadang pun ada yang lucu.

Sisi lain, desain para karakter yang cantik merupakan daya tarik tersendiri. Walau terkadang cerita terasa membosankan, namun daya tarik sang karakter bisa membuat tetap betah untuk menontonnya. Sisi lainnya, melihat kerja keras kelompok mereka dalam melakukan pekerjaannya pun bisa sedikit memotivasi.

11. Eromanga-sensei

Eromanga-sensei

Episode: 12.

Genre: Drama, Romance.

Eromanga-sensei sebenarnya tawarkan cerita mainstream, namun ia tetap menarik untuk diikuti. Ia mengisahkan tentang kakak-adik tiri yang bekerja sama untuk membuat Light Novel yang menarik, agar bisa diadaptasi anime. Sisi mainstream dan menariknya ialah, kisah romance yang menghiasi hubungan kakak-adik itu (Incest). Walau cukup “risih” melihatnya, namun tak bisa ditampik kisah romance itu memang menarik.

10. Rokudenashi Majutsu Koushi to Akashic Records

Rokudenashi Majutsu Koushi to Akashic Records

Episode: 12.

Genre: Fantasy, Magic, School.

Mengambil setting di suatu sekolah penyihir, Rokudenashi Majutsu ini mengisahkan tentang bagaimana guru dan murid yang menjalani kegiatan belajar, selagi menghindari kejahatan yang datang. Sisi menariknya ? Ialah sang guru yang awalnya tak berguna, namun berakhir menjadi kesayangan para murid nya, karna ia rela untuk melindungi murid nya dari kejahatan, walau nyawa taruhannya.

Cerita yang ditawarkan Rokudenashi ini terbilang cukup menarik. Terlebih lagi, cukup banyak kejutan yang menarik di dalamnya. Hal itu semakin menarik berkat sedikit suntikan Fanservice di dalamnya. Walau terkadang, terasa cukup membosankan.

9. SukaSuka

Shuumatsu Nani Shitemasu ka? Isogashii desuka? Sukutte Moratte Ii desu ka?

Nama lain: Shuumatsu Nani Shitemasu ka? Isogashii desuka? Sukutte Moratte Ii desu ka?

Episode: 12.

Genre: Fantasy, Drama, Romance.

Tawarkan cerita yang emosional, SukaSuka ini kisahkan tentang suatu kelompok perempuan cantik yang dilahirkan hanya untuk bertarung. Dilatih sejak kecil untuk tak takut mati, menginjak remaja ia dipaksa untuk bertarung melawan Monster berbahaya bernama Beast, yang telah mengancam kelangsungan hidup manusia selama 500 tahun lamanya.

Walau mengisahkan tentang suatu pertarungan manusia dengan Beast, namun ia tonjolkan drama ketimbang pertarungan nya itu sendiri. Dengan cerita cukup emosional dan drama kental, wajar saja jika anime ini bisa membuat mu terbawa perasaan. Sisi lain, unsur romance nya pun menarik dan bikin terbawa perasaan juga.

8. Uchouten Kazoku Season 2

Uchouten Kazoku 2

Episode: 12.

Genre: Slice of Life, Drama.

Melanjutkan cerita absurd season pertama, Uchouten Kazoku 2 ini tetap mengisahkan tentang keluarga esentrik Tanuki yang bisa berubah menjadi manusia (dan apapun itu). Namun bisa dibilang ia setingkat lebih menarik dibanding sebelumnya.

Permasalahan utama yang ditawarkan nya tetap sama seperti sebelumnya, pemilihan Nisemon dan klub Jum’at malam. Namun konflik yang terjadi semakin menarik karna ada karakter baru yang menarik perhatian juga. Lebih menegangkan, tepatnya..

7. Quan Zhi Gao Shou

Quan Zhi Gao Sho

Episode: 12.

Genre: Game, Action.

Quan Zhi Gao Sho mengisahkan tentang seorang gamer Pro yang kembali menjadi “Newbie” di (server baru) suatu game kompetitif populer, bernama Glory. Tak seperti kebanyakan anime tentang game, ia tak tawarkan konsep terjebak di dunia game. Ia hanya mengisahkan tentang bagaimana seseorang bermain game menggunakan Mouse & Keyboard, namun tetap dengan pembawaan layaknya game VR. Secara keseluruhan, cerita nya begitu menarik.

FYI, ini merupakan anime dari China, yang otomatis ia memakai B. China. Namun tenang saja, karna ia tetap terasa seperti anime Jepang pada umumnya. Selain itu, kamu pun bisa menontonnya secara gratis dan legal langsung dari channel Youtube nya (Subtitle Inggris).

6. Tsuki ga Kirei

Tsuki ga Kirei

Episode: 12.

Genre: Romance, School.

Walau terdengar mainstream, namun yang ditawarkan Tsuki ga Kirei ini begitu menarik. Ia hadirkan kisah cinta antara dua remaja sekolahan yang sebenarnya tidak begitu spesial, namun bisa dibilang ia merepresentasikan kisah cinta kebanyakan orang di dunia nyata ketika sekolah.

Cinta pertama, malu – malu tapi mau, lebih berani mengobrol lewat chattingan dan sangat dimabuk asmara. Ya, hal itulah yang akan kamu temukan dalam anime romance terbaik satu ini. Jika kamu pun pernah mengalami kisah cinta ketika sekolah, ia akan membawa mu untuk bernostalgia..

5. Saekano Flat (Season 2)

Saekano Flat (Season 2)

Nama Lain : Saenai Heroine no Sodatekata ♭

Episode: 11.

Genre: Harem, Drama, Comedy.

Melanjutkan cerita yang menggantung di season pertama, Saekano Flat ini masih ceritakan tentang bagaimana Circle Blessing Software yang dipimpin oleh Tomoya Aki, yang sedang melanjutkan pengembangan sebuah (game) galge. Apakah ia akan berhasil menyelesaikannya ? Silahkan tonton saja.

Terapkan formula yang sama, visual Saekano Flat ini tetap menawan dan terlihat mempunyai identitas nya sendiri. Menariknya lagi, formula tentang “pertarungan Waifu” pun masih berlanjut, yang membuat para penggemar sibuk sendiri membela Waifu mereka masing – masing.

Menariknya lagi ? Entah kenapa, para karakter seperti Kasamigaoka Utaha, Kato Megumi dan Sawamura Eriri tampak lebih mempesona dibanding sebelumnya. Bukan tentang wajahnya yang berubah menjadi lebih cantik, melainkan tingkah laku nya yang lebih menarik.

4. Re:Creators

Re:Creators

Episode: 22.

Genre: Sci-Fi, Action.

Bagaimana bisa ? Pertanyaan itu pasti akan langsung terlontar dipikiran mu ketika menonton Re:Creators ini. Bahwa entah bagaimana caranya, karakter dalam anime, manga dan novel yang dibuat untuk sekedar hiburan semata, bisa terlempar ke dalam dunia manusia yang menciptakan mereka. Lantas, bagaimana bisa ?

Re:Creators merupakan anime original yang tawarkan cerita unik yang juga dikemas dengan menarik. Sebuah cerita yang akan terus membuat mu penasaran, namun kamu pun tetap bisa menikmatinya. Baik itu tentang drama nya maupun aksi memukau di dalamnya. Satu yang pasti, kamu tak boleh melewatkan anime ini begitu saja.

3. Attack on Titan Season 2

Attack on Titan 2nd Season

Episode: 12.

Genre: Action, Fantasy.

Menjawab penantian para penggemar selama 4 tahun lamanya, season kedua Attack on Titan ini terbilang sukses memuaskan penggemarnya. Walau hanya hadir dengan 12 episode, namun cerita nya terasa begitu menarik dengan mengungkap satu-per-satu misteri besar mengenai Titan itu sendiri.

Sedangkan di sisi lain, aksi dan drama nya pun tetap lah menarik perhatian. Aksi para pengintai dalam menghabisi Titan tetaplah sangat memukau dan terlihat epik. Drama nya pun tetap membuat emosional.

Menariknya lagi ? Tak lama setelah season 2 berakhir, langsung muncul pengumuman bahwa season 3 akan tayang tahun 2018 mendatang. Kamu pun tak perlu menunggu selama 4 tahun lagi untuk menonton kelanjutannya. Tapi berharap saja, ia tak akan mengalami penundaan “lagi” kedepannya.

2. Shingeki no Bahamut: Virgin Soul (Season 2)

Shingeki no Bahamut Virgin Soul

Episode: 24.

Genre: Demons, Fantasy.

Mengambil setting 10 tahun setelah season pertama, Shingeki no Bahamut Virgin Soul hadirkan perubahan yang signifikan dibanding season pertama. Mulai dari Manusia yang kali ini berada di atas Dewa dan Iblis, hingga sang karakter utama — Favaro yang hilang entah kemana. Secara keseluruhan ? Cerita nya begitu seru.

Terlebih lagi, adapun peningkatan kualitas dalam beberapa aspek. Seperti, drama lebih menegangkan dan visual lebih menawan. Peningkatan pun terjadi dalam jumlah episode. Dimana season kedua dapatkan 24 episode, sedangkan season pertama hanya 12 episode. Singkatnya, ia sangat memanjakan para penggemarnya.

1. Boku no Hero Academia Season 2

Boku no Hero Academia Season 2

Episode: 25.

Genre: Action, School, Comedy, Drama.

Anime Spring 2017 terbaik ? Pilihan saya jatuh kepada Boku no Hero Academia Season 2 ini. Karna ia tawarkan segala aspeknya lebih menarik ketimbang season pertama. Mulai dari cerita tambah seru, drama tambah emosional, aksi memukau hingga pengembangan para karakter nya.

Ceritanya sendiri berpusat pada turnamen SMA Yuei yang terbilang fantastis, dimana ia mempertemukan semua murid dari seluruh kelas untuk bersaing dan memperebutkan tempat teratas. Di dalamnya , kamu pun bisa melihat lebih banyak Quirck unik dan menarik dari berbagai murid yang tak terlihat di season pertama.

Selain itu, di dalamnya pun kamu bisa lebih mengenal para karakter utama, seperti Uraraka dan Todoroki. Pengembangan karakter dalam season kedua ini memang terbilang lebih kental dari season pertamanya. Itupun menjadi salah satu alasan kenapa BNHA Season 2 ini lebih menarik.

***

Itulah 12 Anime Spring 2017 terbaik, versi Myrubrik. Adakah salah satu anime yang sudah kamu tonton ? Atau malah belum sama sekali ? Jika iya, maka saya sangat me-rekomendasikan semuanya karna itu memang seru untuk ditonton.

Bonus

Anime yang saya tonton lainnya..

  • Sagrada Reset, mengisahkan tentang suatu kota yang diisi oleh orang – orang yang memiliki kekuatan unik. Salah satu nya dan merupakan fokus utama, ialah seseorang yang memiliki kemampuan me-reset waktu. Konsep cerita terlihat menarik, tapi entah kenapa ia terasa membosankan.
  • Zero Kara Hajimeru Mahou no Sho, mengisahkan tentang seorang penyihir dan seorang manusia-setengah-binatang yang melakukan petualangan untuk mencari buku The Book of Zero, yang digadang – gadang bisa menghancurkan dunia. Sebenarnya ini anime yang cukup menarik. Hanya saja, 12 anime di atas lebih menarik.
  • Boruto, setidaknya episode awal – awal terasa membosankan. Namun kedepannya mungkin akan seru seperti Naruto. Karna kemungkinan juga, ia akan dapatkan episode banyak.
  • Seikasuru Kado, ceritanya mengenai suatu kubus misterius berkekuatan unik yang tiba – tiba muncul di suatu kota. Ceritanya kurang menarik, namun visual cukup menarik. Ia tawarkan visual 3d, tapi tetap berasa 2d.

Leave a Reply