Produksi Berakhir Sepenuhnya, Selamat Tinggal Wii U!

Di akhir tahun 2016 yang lalu, Nintendo sudah meng-konfirmasi secara resmi, perihal berakhir-nya produksi Wii U di Jepang. Ya, saat itu hanya berakhir di Jepang, sedangkan dibelahan bumi lainnya masih berjalan. Namun saat ini, produksi Wii U sudah berakhir sepenuhnya. Berbicara kepada Gamespot, Nintendo mengatakan “Produksi Wii U telah berakhir secara global.”

Mengingat tidak lama lagi Nintendo akan mengeluarkan konsol baru — Nintendo Switch, serta jika melihat kepada penjualan-nya yang kurang memuaskan, tak heran jika Wii U tidak akan dibuat lagi saat ini. Wii U sendiri, hanya terjual 13.5juta unit saja, sejak November 2012 hingga 31 Desember 2016 yang lalu. Angka penjualan ini tergolong sangat kecil, jika dibandingkan dengan Wii yang terjual 101juta unit.

Selain itu, di 9 bulan terakhir ditahun 2016 yang lalu, Nintendo mengumumkan bahwa Wii U hanya terjual 750rb unit. Terjadi pengurangan penjualan sebesar 75% jika dibandingkan dengan periode yang sama ditahun 2015. Namun walaupun Wii U kurang memuaskan, konsol 3DS sendiri masih berjaya. Dalam periode yang sama seperti Wii U, konsol 3DS terjual 6.45juta unit, meningkat 10 persen dari periode ditahun 2015.

Di sisi lain, soal penjualan game, di periode (masih) 9 bulan terakhir ditahun 2016, game yang terjual di 3DS ialah 46.78juta kopi. Sedangkan, di Wii U hanya 12.48juta kopi. Perbedaan yang cukup jauh.

Tapi, walaupun produksi-nya berakhir, untuk perilisan game-nya sendiri belum berakhir. Salah satu-nya saja, di bulan Maret 2017 nanti, game yang cukup diantisipasi, The Legend of Zelda Breath Wild akan dirilis untuk Wii U dan juga Nintendo Switch. Oh ya, untuk kamu yang belum tau, konsol Nintendo Switch sendiri akan dirilis 3 Maret 2017 nanti. Untuk info lengkap mengenai Switch silahkan kunjungi artikel ini.

Singkat kata, Selamat Tinggal Wii U!

Sumber: Gamespot 1 | 2.

Leave a Reply