6 Film Terburuk Yang Pernah Masuk Nominasi Oscar

Oscar merupakan ajang penghargaan industri film tertua, dan juga ber-gengsi bagi insan per-film-an. Ajang penghargaan ini, selalu memberikan penghargaan kepada para pelaku film, dalam segala aspek dalam film. Seperti Visual Effect, Actor, Actress, Custome, Make-up dan lainnya.

Nah, kali ini, kita akan membahas mengenai Oscar juga. Khususnya, kita akan mengulas film yang “buruk”, yang pernah mendapatkan tempat di nominasi Oscar. Tepatnya, kita akan mengulas film yang hanya mendapatkan nilai 30% ke bawah di Rotten Tomatoes, sebuah situs yang selalu memberikan review film, secara Jujur dan Objektif. Film apa saja yang dimaksud ? Scroll, dan baca sampai bawah ya!

1. Norbit

NorbitNominasi: Best Make-up and Hairstyling.

Nilai: 9%.

Mari mulai dengan yang terburuk terlebih dahulu… Norbit merupakan film romantic-comedy yang dibintangi oleh komedian kawakan, Eddie Murphy. Walaupun dibintangi oleh aktor ternama, namun tak lantas membuat Norbit menjadi film yang bagus. Di Rotten Tomatoes, Norbit hanya mendapatkan nilai 9% dari 100%, di IMBD pun hanya mendapatkan rating 4 dari 10. Walaupun begitu, ditahun 2007 yang lalu, Norbit tetap masuk ke nominasi Oscar, tepatnya nominasi “Best Make-up and Hairstlying”.

2. Transformers Revenge of the Fallen

Transformers Revenge of the FallenNominasi: Best Sound Mixing and Editing.

Nilai: 19%.

Walaupun menurut saya cukup spektakuler, apalagi dari segi Visualnya, namun tidak menurut para kritikus. Di Rotten Tomatoes film kedua Transformers ini hanya mendapatkan nilaiĀ 19%. Tapi walaupun kurang begitu menarik perhatian bagi kritikus, film ini sendiri tetap masuk ke dalam nominasi Oscar, yaitu dalam nominasi “Best Sound Mixing and Editing” ditahun 2010 lalu. Tak heran sih, soundtrack yang ada di film ini memang enak didengar.

3. Patch Adams

Patch AdamsNominasi: Original Score.

Nilai: 22%.

Film comedy-drama yang diperankan Alm. Robin Williams yang dirilis tahun 1992 yang lalu ini, sukses mendapatkan nominasi “Original Score” di ajang penghargaan Oscar. Tak hanya itu saja, Patch Adams ini juga mendapatkan 2 nominasi di ajang Golden Globe Awards, dalam nominasi “Best Actor” dan “Best Motion Picture”. Walaupun sebenarnya, film ini kurang begitu sukses dalam menarik perhatian. Di Rotten Tomattoes Patch Adams ini hanya mendapatkan nilai 22%.

4. Suicide Squad

Suicide SquadNominasi: Best Make-up and Hairstyling”.

Nilai: 26%.

Memang cukup mengecewakan, Suicide Squad hanya mendapatkan nilai 26% di Rotten Tomatoes. Namun setidaknya, film dari DC ini sukses dalam segi finansial, yaitu mendapatkan penghasilan $745 Juta USD. Selain itu, film ini juga sukses dalam mendapatkan tempat di nominasi “Best Make-up and Hairstyling” di ajang Oscar ke-89, yang diselenggarakan ditahun 2017 ini. Menurutmu sendiri, Make-up karakter apa yang paling bagus ? Harley Quinn ? Joker ? atau karakter lainnya ?

5. Hollow Man

Hollow ManNominasi: Best Visual Effect.

Nilai: 27%.

Hollow Man merupakan film Sci-Fi yang dirilis 2000 yang lalu. Dan film ini sukses mendapatkan nominasi “Best Visual Effect” di ajang Oscar, pada tahun 2001. Walaupun begitu, film ini sendiri kurang begitu sukses dimata kritikus. Bahkan, film ini dikritik oleh Sutradaranya itu sendiri, yaitu Paul Verhoeven. Dalam interview dengan The Hollywood Reporter, Verhoeven mengatakan “… (Hollow Man) merupakan film yang pertama saya buat, (tapi) saya pikir, film ini seharusnya tidak dibuat“. Hhhmmm.. Cukup kejam ya, pernyataan dari Sutradara Hollow Man tersebut.. Tapi saya salut, karna dia menyadari ada kesalahan di film yang dibuatnya..

6. Hook

HookNominasi: Best Production Design, Custome Design, Visual Effects, Make-up dan Original Songs.

Nilai: 30%.

Hook merupakan film fantasi yang dirilis 1991 yang lalu. Film ini dibintangi oleh aktor kawakan, Alm. Robin Williams yang berperan sebagai Peter-Pan. Film petualangan ini, sayangnya mendapatkan nilai yang kurang bagus, di Rotten Tomatoes, hanya 30% saja. Walaupun begitu, Hook sukses mendapatkan 5 nominasi sekaligus di ajang penghargaan Oscar. Yap, 5 nominasi sekaligus. Seperti, Best Production Design, Custome Design, Visual Effects, Make-up dan Original Song “When You’re Alone”. Sayangnya, Hook tidak memenangkan satupun penghargaan dari ke-5 nominasi yang ditempatinya tersebut.

***

Kebanyakan, memang nominasi yang didapatkan oleh ke-6 film tersebut, di ajang penghargaan Oscar, tidak terhubung langsung dengan ceritanya, yang menentukan apakah film tersebut menarik atau tidak. Melainkan, berhubungan dengan masalah teknik, seperti Custome Design, Make-up, Visual Effects dan lainnya. Walaupun begitu, ke-6 film tersebut tetap patut di Apresiasi..

Leave a Reply