VoCo – “Photoshop” Untuk Manipulasi Suara

Dalam ajang Adobe MAX, di California hari ini, salah satu pengembang di Adobe — Zeyu Jin mengumumkan software yang sedang dikembangkannya, software dengan nama kode Project VoCo.

Zeyu Jin mengumumkan, software ini sedang dikembangkan oleh Adobe yang bekerja sama dengan Princeton University, dan masih berbentuk prototype. Namun walaupun masih prototype, kemampuan dari Software ini sudah bisa “terlihat”. Seperti apa yang dipraktekan oleh  Jin, yang dimana dia memberikan demo penggunaan software ini di ajang Adobe MAX tersebut

Dalam Demontrasi nya, Jin menambahkan suatu file audio ke software, lalu menambahkan beberapa kata ke dalam Edit Box, dan hasilnya adalah kata tambahan tersebut akan muncul dengan suara yang sama seperti yang ada di file audio yang ditambahkan. Hasil tiruan suaranya bisa dibilang sempurna, berdasarkan info dari Creative Blog.

VoCo

Bisa dibilang ini “Photoshop” nya suara. Jika Photoshop berguna untuk memanipulasi foto, nah VoCo ini memanipulasi suara. Sayangnya, saya rasa VoCo ini bisa menimbulkan masalah, jika memang benar – benar dirilis. Seperti untuk “melanggar hukum”, ya pasti tau kan apa maksud mimin..

Well, tapi VoCo ini sendiri juga berguna untuk kamu yang suka ber-narasi. Jika kamu kelupaan menyebut beberapa kata ketika rekaman narasi, dengan software ini kamu tak perlu melakukan rekaman ulang, kamu hanya perlu menambahkan kata – katanya secara langsung ..

Sekedar mengingatkan kembali, software ini masih dalam berbentuk prototype, jadi entah kapan software ini akan dirilis dipasaran…

Leave a Reply