Penjelasan Hi-Rez Untuk Membantah Paladins Dengan Sengaja “Meniru” Overwatch

Terinspirasi adalah suatu yang biasa terjadi dikehidupan, termasuk dalam industri game. Seperti yang sedang hangat dibicarakan saat ini, banyak yang mengira Hi-Rez terinspirasi dari Overwatch dalam membuat game Paladins yang saat ini sedang memasuki tahap Open Beta.

Namun Hi-Rez membahtah hal tersebut dalam postingan di forum reddit. Mereka menjelaskan tentang sejarah terbuatnya Paladins. Mulai dari penjelasan dari mana mereka mendapatkan ide membuat Paladins dan hal lainnya. Berikut adalah penjelasan yang diberikan oleh mereka..

Sejarah Paladins:

  • Global Agenda adalah game shooter yang menjadi game pertama yang dikerjakan oleh studio Hi-Rez ditahun 2005 lalu.
  • Desain Global Agenda terinspirasi dari Tribes (Jetpacks, Weapons), City of Heroes (Cool Abilities, Instanced PvE Missions), and Team Fotress 2 (Classes, Instanced PvP, Weapon Types). Ide awalnya adalah untuk membuat game seperti City of Heroes namun dengan genre shooter.
  • Global Agenda dirilis 2010 dan Hi-Rez belajar banyak dari itu. Game tersebut memiliki terlalu banyak fitur dan mode permainan sehingga cukup sulit untuk “mempertahankannya”.
  • Global Agenda tidak lagi menghasilkan banyak penghasilan walaupun ada ekspansi yang dihadirkan, sehingga membuat Hi-Rezuntuk memulai membuat game baru lainnya.
  • Satu grup mulai mengerjakan game Tribes baru (Tribes: Ascend) sedangkan grup lain mulai mengembangkan game third-person MOBA yang sekarang dikenal dengan nama Smite.
  • Di 2012 Hi-Rez mulai mengerjakan proyek baru bernama Project Aurum (AU), ini adalah game seperti Global Agenda namun dengan unsur fantasi dan inilah yang menjadi inspirasi pertama untuk membuat Paladins.
  • Di Paladins, Hi-Rez bereksperimen dengan dua game, yakni Global Agenda dengan tema Sci-Fi nya dan Aurum dengan tema fantasi nya. Setelah banyak test yang dilakukan oleh tim, Hi-Rez memutuskan untuk membuat game dengan tema fantasi.
  • Overwatch diumumkan dan Hi-Rez pun terkejut dengan hal itu dan tidak tahu apa yang harus dilakukan kedepannya. Padahal Hi-Rez sudah lama mengerjakan Paladins, selain itu Hi-Rez pun tidak ingin bersaing secara langsung dengan Blizzard.
  • Awalnya Hi-Rez mencoba untuk membuat perbedaan gameplay antar Paladins dan Overwatch, namun berdasarkan feedback, stats dan survey, hanya sedikit yang bisa menikmati gameplay yang telah diubah tersebut. Pada akhirnya, Hi-Rez “pasrah” dan hanya akan melakukan yang terbaik untuk melanjutkan proyek Paladins seperti visi awalnya, bahkan walaupun nantinya banyak yang berpikir bahwa game ini “meniru” Overwatch.
  • Hi-Rez membuat hampir semua class Paladins dan abilities menggunakan template Global Agenda dan Smite . Hi-Rez juga menggunakan tema fantasi Aurum yang dibuatnya 2012.
  • Dan terakhir, (sekedar mengingatkan) hampir mustahil bagi Hi-Rez untuk membuat “clone” Overwatch dalam setahun dengan studio yang belum sebesar Blizzard. Tapi memang Overwatch memiliki fitur yang bagus dan beberapa kami putuskan untuk memasukannya ke dalam Paladins (Kill Cam, Improved Lag Comp, Eliminations).

Overwatch vs Paladins/Global Agenda Gameplay

  • Ketika Overwatch menjadi game yang bagus, kita ingin orang – orang mengerti bahwa pengembangan Paladins ini melalui banyak proses dengan banyak ide yang datang dari game yang dikembangkan oleh Hi-Rez itu sendiri.Ini berlaku untuk Hi-Rez dan hampir semua studio game.
  • Overwatch memiliki 100 abilities dan Paladinsmemiliki 85 abilities sejauh ini
  • Kebanyakan abilities dari Paladins bisa ditemukan dalam Global Agenda, game yang dibuat 10 tahun yang lalu (beberapa abilities juga datang dari Tribes dan Smite).
  • Sekitar 42 abilities sangat mirip antara Overwatch dan Paladins, 36 dari abilities sebelumnya ada diGlobal Agenda or Tribes Ascend, sedangkan 6 abilities  lagi terlihat ada di Overwatch sebelum Paladins.
  • Hampir semua ability di Overwatch bisa ditemukan di game FPS sebelumnya.
  • Mengingat popularitas Overwatch yang terkenal, banyak orang yang tidak sadar bahwa class seperti Ruckus (Mech) bisa dimainkan di Paladins sebelum class serupa muncul di Overwatch.

Selain itu, close beta Paladins sendiri sudah dilakukan tahun 2015 yang lalu, jadi kemungkinan besar ya memang Hi-Rez tidak dengan sengaja meniru Overwatch. Bisa dibilang kebetulan atau kemungkinan lain, Blizzard terinspirasi membuat Overwatch dari game Hi-Rez yaitu Global Agenda dan Tribes.

Leave a Reply