Revival of Queen Leyak – Visual Novel Karya Anak Muda Indonesia untuk Pasar Dunia

GameKita.net – Salah satu developer anak bangsa, saat ini sedang mengembangkan game yang mengambil cerita dari cerita mitos Ratu Leak dari Bali. Mereka hendak memasarkan game nya langsung menuju pasar dunia, tentu mereka sudah mempersiapkan “alat tempurnnya” dengan menghadirkan game berkualitas dari segi grafis hingga storyline yang menarik. Siapa mereka ?

BnK Team, developer indie asal Indonesia saat ini sedang menggalang dana di Kickstarter.com. Mereka hendak mengembangkan visual novel atau game yang bertajuk Bunka no Kenkyū -Revival of Queen Leyak- (atau disingkat RoQL).

Revival of Queen Leyak

Visual novel bergenre thriller, drama romantis, dan supernatural ini bercerita tentang petualangan seorang remaja Jepang, Tetsuo Kobayashi. Ketika ayahnya yang merupakan ahli sejarah dari Universitas Kyoto bertugas di Bali, ia dan adiknya ikut pindah ke Indonesia. Dibawah ada sedikit bocoran cerita nya..

Belakangan, Tetsuo baru tahu kalau ayahnya sedang meneliti lontar sihir milik Calonarang, ratu leak yang konon hanya hidup di cerita rakyat masyarakat Bali.

Bukannya ketakutan, Tetsuo malah mengajak teman – temannya di klub budaya untuk ikut berburu sisa lontar tersebut. Keputusan itulah yang kelak disesalinya. Ia terlambat tahu, bahwa leak ternyata bukanlah mitos.

Revival of Queen Leyak
Di samping cerita, gambar-gambar menawan bergaya manga/anime (komik atau animasi Jepang) akan memanjakan mata pemain/pembaca RoQL. Ya, cerita dari Bali dipadupadakan dengan style Jepang. Hal ini sengaja dilakukan agar bisa diterima oleh para gamers visual novel Internasional tentunya.

“Kami sengaja memilih style Jepang, termasuk untuk tokoh, judul, dan musik, agar bisa diterima di pasar visual novel yang didominasi penggemar berat gaya seni Jepang.” kata Dhaeza, mahasiswa Universitas Indonesia, yang menjadi Project Leader dari BnK Team.

Game berbahasa Inggris ini juga akan diiringi lantunan musik yang sesuai mood cerita. Harapan Dian, sebagai Co-Founder BnK Team, “Visual novel berdurasi 10 jam lebih ini bisa membawa Anda menuju lebatnya hutan Bali yang penuh misteri dan menguras adrenalin!”

Revival-of-Queen-Leyak (5)

Di sisi lain, bila diamati dari karakter tokoh-tokohnya, game RoQL juga menjanjikan drama romantis yang manis di balik nuansa petualangannya yang mendebarkan itu.

RoQL sendiri dikembangkan oleh talenta-talenta muda Indonesia yang telah memiliki nama di bidang masing-masing, antara lain Brahmanto Anindito (novelis thriller), Antares69 alias Vicky Bawangun (ilustrator latar), Judo ユフォリア (desainer tokoh dan grafis komputer), Villyane (grafis komputer), Days of Glaze (komposer musik), dkk

Selain itu, untuk membawa game berlatar Bali ini go international, BnK juga menggandeng DEVGRU-P. Yang dimana, developer game asal Amerika Serikat tersebut telah sukses dengan visual novel Panzermadels: Tank Dating Simulator dan Stay! Stay! DPRK. Yang tentu ini cocok sekali dengan proyek yang sedang dikembangkan oleh BnKTeam.

Revival of Queen Leyak
Sekedar informasi, visual novel adalah game digital berbasis cerita yang memiliki beberapa percabangan alur. Akan ada beberapa ending cerita yang sepenuhnya tergantung dari pilihan pemainnya di setiap percabangan. Begitu pula dengan game RoQL ini.

Untuk saat ini Revival of Queen Leyak ini sedang mengadakan kampanye di Kickstarter, seperti yang sudah dijelaskan diawal. Hingga hari ini (19/08/2016) sudah terkumpul 1.8rb dollar dari 6rb dollar sebagai goal nya. Silahkan dukung juga game ini di Kickstarter. Namun, jika kamu belum bisa mendukung lewat Kicstarter, kamu juga bisa mendukung game anak bangsa ini lewat Steam Greenlight. Atau bisa juga dengan membagikan game ini di akun sosial media mu.

RoQL sendiri akan dirilis Q1 2017 (Januari – Maret) untuk PC, Mac dan Linux. Selagi menunggu perkembangan selanjutnya game Revival of Queen Leyak ini, silahkan lihat terlebih dahulu trailer nya dibawah ini…

Leave a Reply